Tag

, ,

April Mop atau dikenal dengan April Fools’ Day dalam bahasa Inggris, diperingati setiap tanggal 1 April setiap tahun. Ini bukanlah hari libur nasional namun secara luas diakui dan diperingati sebagai hari ketika orang bermain lelucon praktis dan hoax satu sama lain dimana orang dianggap boleh berbohong atau memberi lelucon kepada orang lain tanpa dianggap bersalah. Hari ini ditandai dengan tipu-menipu dan lelucon lainnya terhadap keluarga, musuh, teman bahkan tetangga dengan tujuan mempermalukan orang-orang yang mudah ditipu. Di beberapa negara seperti Inggris dan Australia serta Afrika Selatan, lelucon hanya boleh dilakukan sampai siang atau sebelum siang hari. Seseorang yang memainkan trik setelah tengah hari disebut sebagai “April Mop”. Namun di tempat lain seperti Kanada, Perancis, Irlandia, Italia, Rusia, Belanda, dan Amerika Serikat lelucon bebas dimainkan sepanjang hari.

April Mop di Singapura 1

April Mop diperingati di beberapa negara dunia sebagai suatu moment yang dilakukan sekali setahun. Setiap negara termasuk yang merayakan hari yang dikenal sebagai hari kebohongan ini memiliki tradisinya masing-masing dalam merayakan dan memeriahkan hari tersebut. Di Italia, Perancis dan Belgia anak-anak dan orang dewasa memiliki tradisi April Mop dengan menaruh kertas berbentuk ikan di punggung orang lain sebagai trik. Kemudian mereka berteriak pesce d’aprile! untuk bahasa Italia, poisson d’avril! untuk bahasa Perancis dan aprilvis! untuk bahasa Belanda yang berarti “April Fish!” dalam bahasa Inggris. Ikan seperti fitur yang mencolok di Perancis pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 pada kartu pos April Mop.

Orang Iran memainkan lelucon kepada orang lain di tanggal ke-13 pada tahun baru Persia yang jatuh pada tanggal 1 atau 2 April. Perayaan ini telah dirayakan jauh sebelum tahun 536 SM yang diberi nama Sizdah Bedar. Pada hari tersebut orang-orang melakukan lelucon hingga hari ini dimana April Mop dipercayai berasal dari tradisi tersebut. Di Polandia, April Mop diperingati pada 1 April dimana sehari penuh pada hari tersebut berbagai lelucon dan kebohongan dilakukan oleh berbagai pihak mulai dari orang-orang, media hingga institusi acara publik. Di Scotlandia, tradisi April Mop disebut dengan Hunt-the-Gowk Day. Pada hari tersebut, orang-orang di negara ini melakukan lelucon dengan cara mengirim pesan bantuan terhadap orang-orang yang akan dikerjai.

Di Singapura, April Mop tidak terlalu diperingati secara khusus seperti negara-negara lainnya seperti Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan masih banyak lagi. Tidak seperti negara-negara lainnya yang memperingati hari tersebut dengan berbagai tradisi yang aneh-aneh bahkan disebarkan melalui media massa. Tradisi April Mop di Singapura tidak sebesar dengan negara-negara yang biasa memperingatinya seperti di Eropa dan Amerika. Pemerintah tidak terjun langsung masuk di dalamnya. Media massa pun tidak begitu terlibat dalam perayaan hari kebohongan tersebut. Justru pihak swasta yang terlibat di dalamnya. Seperti tradisi April Mop yang umum di beberapa negara yang merayakannya, orang-orang di negara seni ini pun melakukan lelucon dan kebohongan dalam rangka memperingati hari tersebut.