Tag

, ,

Zhu Wei Solo Exhibition 2

Seni merupakan salah satu industri paling dihargai di Singapura. Negara singa ini dapat dikatakan sebagai salah satu negara yang mencintai industri ini. hal tersebut terlihat dengan banyaknya acara seni yang diselenggarakan disini. dala satu bulan hampir setiap hari diadakan acara seni mulai dari pertunjukan, festival, konser hingga pameran. Tidak hanya gedung kesenian, banyak tempat umum di Singapura juga menyelenggarakan acara seni semacam ini diantaranya hotel, restauran dan masih banyak lagi tempat lainnya. Pameran adalah salah satu acara seni yang biasa diadakan di Singapura. Negara singa ini sering mengadakan pameran pendidikan, teknologi, komunikasi dan masih banyak lagi sedangkan yang berhubungan dengan seni biasanya adalah pameran lukisan. Pameran semacam ini biasanya menampilkan karya seni lukis dari seniman yang ahli di bidangnya.

Akhir Februari ini, MOCA@Loewen dengan bangga mempersembahkan pameran tunggal dari salah satu seniman yang paling terkenal dalam mendirikan seni kontemporer Cina, Zhu Wei. Seniman berbakat terutama terlatih dalam tinta dan warna Cina di atas kertas, Zhu Wei dikenal secara halus dengan kritikannya terhadap politik dan sosial yang berkembang pesat di Cina. Dia menggambarkan keadaan politik dan sosial di negaranya melalui tangan kreatifnya yang ia salurkan di atas kanvas dengan tinta berwarna. Zhu Wei menghasilkan karya-karya yang tetap setia kepada unsur-unsur tradisional Cina dan akar rumput asuhan. Diambil dari pengalaman pribadi dan episode penting dari sejarah modern China, karya seni seniman asal Beijing ini merekam pemandangan yang selalu berubah yang munculnya Beijing dan keterbukaan terhadap ekonomi pasar dan kapitalisme.

Pameran seni ini menampilkan karya-karya barunya mulai dari tahun 2005 hingga 2012 antara lain The Hills beyond a River series, The Ink and Wash Research Lecture series, The Study of People series dan Vernal Equinox series. Zhu Wei telah menempatkan lebih dari 20 pameran tunggal di seluruh dunia. Selain itu, karya-karyanya pun telah dikumpulkan oleh lebih dari 20 museum dalam dan luar negeri. Dalam melukis, Zhu Wei memiliki kemampuan cukup berbeda yang dapat menjadi ciri khas dirinya dengan pelukis lainnya di dunia. Kemampuannya untuk garis dengan sedikit variasi dalam nada tinta, memiliki sapuan kuas dramatis dengan komposisi minimalis dan berulang yang membuat dirinya. Banyak orang yang telah memberikan pendapat yang cukup positif terhadap Zhu Wei dan karya-karyanya. Salah satunya Wang Hong Zhou dari Oriental Art. Master Magazine mengatakan pendapatnya tentang pelukis kontemporer tersebut pada December 2012. Zhou mengatakan bahwa visi artistik Zhu Wei melampaui kanvas dimana dapat menyaksikan proses perkembangan seni rupa kontemporer, berdasarkan refleksi lukisan Chinanya. Selain Zhou, Time Out Singapura juga sempat menulis tentang Zhu Wei pada Juli 2007 yang mangatakan bahwa lukisan-lukisan Zhu Wei ini tentang orang-orang dari Cina hari ini, pekerjaannya, dari perspektif sosial yang kritis, gambar-gambar ini menjelaskan tentang kehidupan orang-orang China.

Zhu Wei Solo Exhibition 2
Zhu Wei Solo Exhibition 3
Zhu Wei Solo Exhibition 1