Tag

, , , , , ,

 

Dengan komposisi penduduk yang 74,2 persen-nya terdiri dari etnis Tionghoa, Singapura adalah salah satu negeri yang cukup semarak menjelang perayaan Imlek. Meriahnya perayaan Imlek di Singapura sudah terasa sejak awal bulan Januari 2012. Dan pusatnya di Chinatown tentu saja. Pengunjung yang datang ke sana akan disambut dengan nuansa kental Imlek. Dari tahun ke tahun, kemeriahan Imlek di Chinatown mampu menarik banyak pengunjung. Tidak cuma warga lokal Singapura, ada juga pengunjung dari Eropa yang datang untuk menikmati semarak perayaan Imlek di Chinatown.

Chinatown 640x360 Chinatown, Pusat Perayaan Imlek di Singapura
(Foto by. Caroline Pang)

Bagi yang ingin memanfaatkan momen Imlek untuk berlibur ke Singapura khususnya Chinatown, sangat dianjurkan datang sebelum hari H. Jika anda datang tepat pada tanggal 23 Januari 2012, suasana di Chinatown justru sepi. Pertokoan di Chinatown pada hari itu lebih banyak yang tutup. Namun, area Singapura di luar Chinatown tetap ramai seperti biasa.

Keramaian menyambut Imlek di Chinatown di mulai sejak awal Januari hingga tepat sebelum tanggal 23. Pada hari-hari tersebut, Chinatown sangat ramai dengan bermacam-macam acara. Jalanan di area Chinatown beralih jadi kawasan pasar malam khas Imlek. Sebuah lampion berbentuk naga menyambut anda di perempatan New Bridge Road dan Upper Cross Street. Lapak-lapak pedagang memenuhi jalan-jalan sekitar Temple Street, Sago Street, Trengganu Street dan Pagoda Street. Beraneka barang khas Imlek seperti kaos, souvenir, lampion, amplop angpau,  batu giok dan juga kue-kue tersedia di kawasan ini. Ada juga jeruk Imlek, salah satu dagangan paling laris diserbu pembeli. Bagi anda penyuka kuliner, jangan lupa mampir ke pusat makanan yang berlokasi di Smith Street. Biasanya, obyek wisata kuliner ini ramai pada malam hari.

River Hongbao Singapore Chinatown, Pusat Perayaan Imlek di Singapura

Di Kreta Ayer Square, yang terletak di antara Chinatown Complex dan Buddha Tooth Relic Temple, didirikan panggung hiburan beserta tenda pengunjung. Di sini, hiburan musik juga diadakan setiap malam selama hari-hari perayaan Imlek. Lokasi lain yang juga menarik adalah Sungai Hongbao. Sungai yang terletak di Marina Bay ini juga menjadi salah satu pusat pertunjukkan yang sayang untuk dilewatkan. Di sungai ini anda akan menikmati indahnya warna warni festival lampu yang terdiri dari 70 lentera raksasa yang indah. Pada malam pergantian tahun China nanti, akan diadakan perhitungan tahun baru China, kemudian dilanjutkan dengan pesta kembang api. Perpaduan antara peradaban timur dan barat yang menarik bukan?

Chingay Parade Singapore Chinatown, Pusat Perayaan Imlek di Singapura

Kemeriahan perayaan Imlek di Singapura akan ditutup dengan Chingay Parade 2012. Event yang digelar pada tanggal 3 Februari 2012 ini akan menyuguhkan berbagai atraksi naga yang cocok dinikmati seluruh keluarga. Pada tahun 2012 ini, di Chingay Parade juga akan diisi dengan pertunjukan percikan air mengguyur lintasan F1 dengan jarak sejauh 360 meter. Chingay Parade ini merupakan salah satu event yang banyak menarik wisatawan dari berbagai penjuru dunia.