Tag

, , , , , , ,

Singapore Flyer adalah Bianglala terbesar dan tertinggi di dunia, dengan tinggi 165 meter, lebih tinggi 5 meter dari Star of Nanyang di China dan 30 meter lebih tinggi dari London Eye di Inggris. Singapore Flyer menawarkan pemandangan 3 negara sekaligus, Singapura, Malaysia dan Indonesia. Singapore Flyer dibuka untuk umum pada tanggal 1 Maret 2008.

Menempati lahan seluas 33.700 meter persegi, bianglala raksasa ini terletak di Raffles Avenue, pantai Marina, sebuah tempat wisata yang didesain menjadi kawasan wisata terpadu. Di sekitarnya dilengkapi deretan tenan kafe, butik, sovenir, mini market, biro perjalanan, dan juga gerai perawatan tubuh.

Tak jauh dari Singapore Flyer, terlihat deretan hotel bintang lima, pusat pertunjukan dan pameran Suntec Singapore International, teater Esplanade, dan juga deretan resort Marina yang tengah dibangun. Pemerintah Singapura menjadikan Singapore Flyer sebagai ikon terbaru selain patung merlion.

Buatan Arsitek Jepang

Bianglala yang dirancang arsitek Jepang, Kisho Kurokawa ini sangatlah fenomenal. Dengan ukurannya yang besar, bianglala ini mampu mengangkut 784 penumpang untuk sekali putar (selama 30 menit). Kekuatan strukturnya juga tak perlu diragukan. Kapsul-kapsul yang menempel di luar roda bianglala itu dijepit dengan dua cincin baja. Masing-masing cincin ini bergigi, sehingga menjaga kapsul agar dapat bergerak bebas. Pada bagian bawah kapsul ini juga ditambahkan kotak gear agar rangka bawah kapsul tidak bergesekan dengan gigi-gigi cincin. Mekanisme motor ini membuat kapsul dapat bergerak dengan stabil.

Untuk kapsul, Kisho memilih kaca setebal 1,2 cm. Ia juga menambahkan tapi pelapis sebagai menangkal sinar ultraviolet. Selain itu, untuk menjaga keamanan penumpang, semua pintu kapsul hanya bisa dibuka dari luar. Kecepatan berputar roda juga bisa diatur sesuai kebutuhan. Misalkan, jika diantara penumpang ada yang cacat atau berusia tua.

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

Sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7611126

About these ads